Prediksi 5 Low MPV Baru di 2022. Foto: dok. kumparanOTO

Persaingan segmen mobil Low MPV diprediksi akan semakin memanas pada 2022. Sebab, berbagai mobil baru, baik itu All New maupun facelift diperkirakan akan hadir pada tahun ini.

Berdasarkan penelusuran kumparan, setidaknya ada 5 mobil Low MPV yang berpotensi meluncur pada 2022 dan akan semakin meramaikan persaingan di segmen Low MPV.

Lalu, apa saja perkiraan mobil Low MPV baru itu? Berikut kumparan sajikan prediksinya.

Hyundai Stargazer

Terkaan Gambar Hyundai Stargazer Hasil Foto Olah Digital RBA Design dan Nico Prasetya Works. Foto: dok. Instagram @rbadesign

Nama pertama yang paling potensial meluncur di tahun ini (2022), tentu adalah Low MPV dari Hyundai yang digadang-gadang bernama Stargazer. Isu kehadiran mobil ini bahkan sudah berembus kencang sejak 2020.

Selain itu, beberapa foto yang diduga Hyundai Stargazer yang terbungkus stiker kamuflase, juga sudah tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan, baik itu di jalanan Indonesia maupun Korea Selatan.

Memang, belum ada informasi pasti mengenai spesifikasi dari mobil ini. Namun besar kemungkinan, mobil Low MPV yang akan diproduksi di Indonesia ini juga akan mengadopsi mesin bensin 1.500cc sama seperti para rivalnya.

Suzuki Ertiga Mild Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid Foto: Suzuki

Berikutnya ada nama Suzuki Ertiga Mild Hybrid yang juga berpeluang besar mengaspal di Indonesia pada 2022 ini.

Menguatnya dugaan peluncuran Ertiga Mild Hybrid di tahun ini, mengacu pada informasi yang disampaikan Kemenperin beberapa waktu lalu, terkait rencana investasi Suzuki di Indonesia.

“Nah ini Ertiga dan XL7 akan mild hybrid, akan dikembangkan jadi tujuan ekspor di Asia dan pasa Latin Amerika, jadi mereka akan investasi setelah kami jelaskan rencana pemerintah merevisi PP 73,” ucap Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, pada GIIAS 2021 lalu, Suzuki juga sudah memberikan isyarat akan menghadirkan mobil mild hybrid pada 2022. Adapun, Suzuki Ertiga mild hybrid ini diperkirakan juga akan diproduksi di Indonesia.

Sebab, masih pada momen GIIAS 2021 lalu, Suzuki resmi menyetop penjualan Karimun Wagon R, dengan alasan ingin fokus mempersiapkan elektrifikasi. Sama seperti Hyundai Stargazer, belum ada informasi pasti mengenai bocoran spesifikasi dari Ertiga Mild Hybrid ini.

Satu-satunya bocoran informasi yang ada, mobil ini akan hadir dengan kombinasi mesin bensin dan teknologi hybrid, dan bukan menggunakan mesin Diesel seperti yang dulu pernah dijual di Indonesia.

Honda Mobilio

Honda Mobilio di GIIAS 2021. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Selanjutnya ada Honda Mobilio yang berpeluang meluncurkan generasi terbarunya di 2022. Mobil ini tercatat sudah 8 tahun tidak meluncurkan generasi barunya dan sudah 3 tahun tidak mendapatkan penyegaran.

Terbukanya peluang kehadiran Honda Mobilio juga dikarenakan PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan Low SUV All New Honda BR-V pada 2021. Bukan tidak mungkin, Honda Mobilio terbaru, nantinya akan mengadopsi platform yang sama seperti BR-V terbaru.

Tidak hanya itu, HPM juga sudah mengisyaratkan tengah mempersiapkan strategi khusus untuk Low MPV andalan mereka, Honda Mobilio. Dari beberapa potensi yang ada, bisa saja nantinya Honda Mobilio akan hadir dengan mesin hybrid.

“Intinya ada strategi lagi nanti untuk LMPV, saya sekarang tidak bilang apakah itu produk baru, saya tidak bilang ini itu, pokoknya ada strategi khusus untuk Mobilio,” beber Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, kepada kumparan beberapa waktu lalu.

Nissan Livina

Terkaan digital Nissan Livina facelift Foto: Instagram/@rtriadhie

Mobil Low MPV lain yang juga punya potensi meluncur pada 2022, yaitu Nissan Livina. Sama seperti Mobilio, Livina juga sudah cukup lama tak mendapatkan penyegaran seperti saudara kembarnya, Mitsubishi Xpander.

Nissan Livina pertama kali meluncur pada Februari 2019 di Indonesia. Sejak saat itu, mobil ini nyaris tak mendapatkan penyegaran sedikit pun hingga saat ini. Berbeda dengan Xpander yang sudah 2 kali mendapatkan penyegaran.

Sinyal kehadiran Livina facelift juga sudah diisyaratkan oleh Head of Marketing Communication PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI), Julian Olmon pada GIIAS 2021 lalu.

“Ya jadi kalau untuk Livina pasti nanti kami akan kasih kabar lah selanjutnya, ditunggu saja,” ucap Julian.

Kendati berpeluang hadir pada 2022 ini, belum ada informasi pasti apakah Nissan Livina facelift nantinya masih akan mengadopsi platform dan desain yang sama seperti Xpander atau tidak.

Kia Carens

Kia Carens Terbaru. Foto: dok. Kia

Terakhir ada nama Kia Carens yang punya potensi meluncur di Indonesia pada 2022. Terbukanya peluang peluncuran Kia Carens generasi terbaru, dikarenakan mobil ini juga sudah melakukan debut di India beberapa waktu lalu.

Sayangnya, sampai saat ini belum jelas apakah Kia Carens generasi terbaru ini akan masuk pada segmen Low MPV atau justru Low SUV. Sebab, pihak Kia memang menyebut mobil ini sebagai mobil Low MPV, namun jika berbicara bahasa desainnya, justru lebih mengarah sebagai Low SUV.

Sebagai calon mobil Low MPV atau Low SUV, Kia Carens terbaru memiliki 3 pilihan mesin, yakni mesin bensin 1.5 liter naturally aspirated, bensin 1.4 liter turbocharger, dan turbo diesel 1.4 liter.

Dari ketiga pilihan mesin itu, mesin bensin 1.5 liter naturally aspirated jadi yang berpeluang diboyong ke Indonesia.

***

Dilansir dari : kumparan.com

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *