Ilustrasi Membuat Rumus Tanggal di Excel. Foto: Pexels

Rumus tanggal otomatis di Excel sering digunakan untuk membuat nomor seri tanggal berdasarkan informasi tanggal, bulan, dan tahun. Selain mengolah angka menjadi data, Microsoft Excel juga memiliki berbagai rumus untuk membuat sebuah data. Salah satunya adalah menulis tanggal di Excel.

Meskipun bisa ditulis secara manual dan formatnya sudah diatur, tetapi kamu dapat mencobanya secara otomatis dan mempermudah pekerjaanmu.

Fungsi untuk mengatur tanggal akan berguna dalam data perhitungan. Kegunaan fungsi yang berkaitan dengan tanggal adalah menghitung selisih. Misalnya, kamu menghitung tanggal expired, jatuh tempo, selisih waktu, dan lainnya.

Excel sudah menyediakan fungsi khusus yang berkaitan dengan pengisian, pengolahan, dan tampilan informasi berupa tanggal, bulan, dan tahun.

Pada artikel ini, How to Tekno akan memberikan cara rumus tanggal otomatis di Excel. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Rumus Tanggal Otomatis di Excel

Mengutip laman resmi Microsoft, berikut ini adalah rumus membuat tanggal otomatis di Excel:

1. Rumus Tanggal di Excel untuk Harian hingga Tahunan

Rumus tanggal di Excel dapat digunakan untuk harian, bulanan, dan tahunan. Untuk membuat rumus ini, maka ada cara yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah penjelasannya:

Buka dokumen yang ingin kamu beri tanggal di Excel. Kemudian, tuliskan fungsi tanggal atau date pada rumus Excel dengan sintaksis =DATE(Tahun;Bulan;Tanggal).

Kemudian, tekan ‘Enter’ dan hasilnya akan seperti ini. Lakukan cara tersebut untuk membuat tanggal lainnya.

2. Rumus Date Value Excel

Selain membuat tanggal dengan rumus di atas, kamu juga bisa membuat tanggal dari konversi teks sebuah tanggal.

Pasalnya, fungsi date value pada Excel digunakan untuk konversi teks tanggal menjadi nilai numeric atau nomor seri tanggal yang dikenal oleh Excel.

Jika ingin mengubah format tanggal yang dipahami oleh Excel, teks yang akan dikonversi harus sesuai dengan format tanggal sistem PC atau laptop yang digunakan. Untuk melihat hasilnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Seperti biasa, buka dokumen pada Excel. Lalu, masukkan rumus =DATEVALUE(date_text) dengan menggunakan tanda baca petik pada penulisan tanggal, seperti contoh di bawah ini:

Rumus Tanggal di Excel. Foto: kumparan

Hasilnya akan terlihat seperti ini.

Rumus Tanggal di Excel. Foto: Nada Shofura/kumparan

3. Rumus Day, Month, dan Year di Excel

Selain rumus di atas, Excel juga memiliki fungsi dari masing-masing tanggal, mulai dari hari, bulan, dan tahun. Berikut penjelasan dan rumusnya:

Rumus Day

Fungsi rumus Day digunakan untuk menghasilkan angka dari 1 hingga 31 yang merupakan angka tanggal atau hari dari seri nomor sebuah tanggal.

Jika ingin mendapatkan angka tanggal atau hari dan mengabaikan bulan serta tahun dari sebuah sel dengan format tanggal, maka gunakanlah rumus =DAY(serial_number), kemudian isi ‘serial_number’ tersebut dengan klik sel pada tanggal yang ingin kamu cari harinya.

Rumus Tanggal di Excel. Foto: Nada Shofura/kumparan

Rumus Month

Fungsi rumus ini digunakan untuk menghasilkan mulai dari angka 1 hingga 12 yang merupakan nilai bulan dari sebuah seri nomor tanggal pada Excel.

Cara menggunakan fungsi Month di Excel adalah memasukkan rumus =MONTH(serial_number) dengan klik sel pada tanggal yang ingin kamu cari bulannya.

Rumus Year

Terakhir, fungsi Year pada Excel digunakan untuk mengambil nilai tahun dari sebuah format tanggal Excel.

Untuk formula yang digunakan adalah =YEAR(serial_number), di mana ‘serial_number’ tersebut dengan klik sel pada tanggal yang ingin kamu cari tahunnya.

Itulah ulasan mengenai membuat rumus tanggal otomatis di Excel yang bisa kamu lakukan di laptop atau komputer.

(DEEM)

Dilansir dari : kumparan.com

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *