Ilustrasi Apple diam-diam hapus aplikasi Quran Majeed di China. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Apple dilaporkan diam-diam telah menghapus salah satu aplikasi Al-Quran paling populer di dunia, yaitu Quran Majeed. Aplikasi tersebut awalnya tersedia di Apple App Store di China dan bisa di-download oleh para pengguna iPhone dan iPad di negara tersebut.

Dikutip BBC, Apple mengkonfirmasi bahwa penghapusan aplikasi Quran Majeed dilakukan atas permintaan pejabat China. Alasannya aplikasi tersebut memuat teks-teks keagamaan yang dianggap ilegal oleh pemerintah Xi Jinping.

Pemerintah China belum menanggapi permintaan komentar atas kabar penghapusan aplikasi Quran Majeed dari Apple App Store. Sementara Apple menolak memberikan komentar lebih lanjut dan menyatakan mereka mengikuti regulasi pemerintah setempat.

“Kami diharuskan mematuhi Undang-Undang setempat, dan terkadang ada masalah kompleks yang mungkin tidak kami setujui dengan pemerintah,” kata Juru Bicara Apple.

Aplikasi Quran Majeed dihapus di China. Foto: Dok. Pakistan Data Management Services

The New York Times pernah melaporkan pada awal tahun ini, yang menyatakan Apple menghapus aplikasi di China, jika dianggap terlarang oleh pemerintah. Sementara itu, penghapusan aplikasi pertama kali diketahui oleh Apple Censorship – sebuah situs web yang memantau aplikasi di Apple App Store secara global.

Project director Apple Censorship, Benjamin Ismail, mengatakan Apple telah menjadi lembaga sensor pemerintah. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook disebutkan menjadi kaki tangan pemerintahan Xi Jinping.

Saat ini Apple sedang diubah menjadi lembaga sensor Beijing. Mereka perlu melakukan hal yang benar, dan kemudian mengikuti perintah apa pun dari pemerintah China.– Benjamin Ismail, Project director Apple Censorship –

Partai Komunis China secara mengakui Islam sebagai agama resmi di negara tersebut. Namun di sisi lain, China telah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia, dan bahkan genosida, terhadap kelompok etnis Uyghur yang sebagian besar Muslim di Xinjiang.

Sebenarnya bukan hanya aplikasi yang berhubungan dengan agama Islam saja yang dihapus Apple di App Store China. Aplikasi keagamaan populer lainnya, Olive Tree’s Bible, juga dihapus minggu ini di China, tetapi Apple mengatakan itu ditarik oleh perusahaan pembuatnya.

Quran Majeed sendiri tersedia di Apple App Store seluruh dunia, termasuk Indonesia. Aplikasi ini dibuat oleh Pakistan Data Management Services. Di Indonesia, aplikasi Quran Majeed dapat rating yang cukup baik 4.9 dari 5 dan sudah menerima 9.566 ulasan.

* * *

Ikuti survei kumparan Tekno & Sains dan menangi e-voucher senilai total Rp 3 juta. Isi surveinya sekarang di kum.pr/surveiteknosains.

Dilansir dari : kumparan.com

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *