Taiwan merupakan salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan tinggi luar biasa untuk mendukung mahasiswa internasional mempelajari beragam bidang. Baik dari bahasa Mandarin, sejarah, agrikultur dan kehutanan, teknik genetika, hingga bisnis.

Maka tak heran, jika banyak mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studinya di Taiwan. Lantas apa yang membuat para mahasiswa internasional tersebut tertarik kuliah di Taiwan?

Menjawab hal itu, Dr. Yinghuei Chen, Dean, Asia University mengungkapkan, jika ada beberapa alasan mahasiswa tertarik kuliah di Taiwan.

Pertama, lokasi yang bagus. Seperti diketahui, Taiwan terletak di jantung kawasan Asia-Pasifik. Selain itu, Taiwan juga menyediakan hubungan antara negara-negara Asia Timur dan Tenggara.

Kedua yakni teknologi tinggi dan ekonomi yang kuat. “Sebagai salah satu dari ’empat harimau Asia’, Taiwan telah menyaksikan pertumbuhan ekonomi eksponensial selama 50 tahun terakhir dan telah memantapkan dirinya sebagai negara kunci di pasar internasional,” kata Dr Yinghuei Chen dalam acara Taiwan Higher Education Fair Online 2021, Senin (27/9).

Ketiga, Taiwan dikenal sebagai negara yang aman dengan tingkat kejahatan yang rendah. Hal itu terbukti dari dinobatkan Taiwan sebagai negara teraman keempat di Asia oleh Global Peace Index tahun 2018. Bahkan Kota Taipei terpilih sebagai kota teraman nomor tiga di dunia pada 2017 menurut Crime Index by Numbeo.

“Taiwan juga dikenal sangat ramah dan demokratis. Bahkan sistem pendidikannya berkualitas tinggi. Di mana kami memberikan kesempatan bagi siswa internasional untuk mempelajari berbagai mata pelajaran, mulai dari bahasa, budaya, hingga kecerdasan buatan rekayasa genetika dan banyak lagi,” jelasnya.

Terkait dengan industri, negera di Asia Timur ini menawarkan beberapa program. Seperti program kolaborasi akademisi industri untuk siswa internasional (program gelar) seperti 2+i. Pogram pelatihan teknis jangka pendek untuk pemuda asing (program non gelar), dan program jangka pendek peningkatan keterampilan profesional bagi pemuda asing (program non gelar).

“Taiwan juga merupakan tempat yang bagus untuk belajar bahasa Mandarin. Karena seperti diketahui, bahasa Mandarin adalah bahasa penting kedua di dunia,” tuturnya.

Selain itu, untuk biaya kuliah di Taiwan juga terbilang murah. Yakni sekitar US$1000 per semester (umum), dan US$ 1700 (swasta).

“Bahkan pemerintah dan universitas juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa dengan kemampuan bahasa dan prestasi akademik yang baik, khususnya untuk mahasiswa S2 dan S3,” pungkasnya.

Dilansir dari : kumparan.com

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *