Modifikasi Toyota Corolla DX. Foto: Istimewa

Corolla DX jadi salah satu mobil legendaris dari pabrikan Toyota sejak medio 1980-an. Lahir sebagai generasi ke-4 sedan ini menjadi buruan para loyalisnya.

Eksistensi Toyota Corolla DX di Indonesia dibuktikan dari jumlah populasinya yang masih sering terlihat sampai sekarang. Bahkan, tak jarang mobil ini dijadikan jagoan untuk berlaga di ajang balap touring maupun reli.

Nah mungkinkah Toyota bakal melahirkan kembali Corolla DX versi modern, dengan tetap bernuansa retro?

Mengingat, banyak pecinta sang legenda mengimajinasikan terkaan atau gambar sketsa reinkarnasi ‘all new Corolla DX’, salah satunya adalah karya Andrew Guerrero.

Tampilan depan Toyota Corolla DX GR gambar digital. Foto: dok. Top Gear

Mengutip Top Gear, gambar render Corolla DX E70 dipermanis dengan trim sport GR (Gazoo Racing) dari tim balap Toyota. Lantas menampilkan kesan modern namun tetap menyematkan identitas khas serba mengotak. Secara keseluruhan, mobil ini memang masih kental DNA klasik meski sudah dikawinkan dengan nuansa yang lebih modern.

Dari depan misalnya, bentuk rumah lampu masih mempertahankan desain kotak. Namun, pencahayaan sudah mengusung teknologi LED. Bagian bumper dan grill terlihat lebih modern yang dipermanis dengan desain honeycomb.

Sementara di bagian samping desain Corolla DX tempo dulu juga masih dipertahankan. Bedanya kini didesain menggunakan velg yang lebih eye catchy. Oh ya, ciri khas lampu reflektor kuning di sisi depan samping door handle juga masih ada.

Mundur ke belakang, terkaan Toyota Corolla DX E70 juga tak kalah menarik. Desainnya dibuat atraktif dan stylish dengan penyematan dua knalpot di bagian kiri dan kanan, serta hadirnya diffuser dan ducktail yang mendongkrak tampilannya.

Opsi mesin

Tampilan belakangToyota Corolla DX GR gambar digital. Foto: dok. Top Gear

Tak cuma sketsa gambar, di balik kap mesinnya juga diharapkan memiliki 2 opsi mesin. Pertama bermesin 2.000 cc M20A-FKS yang diracik oleh Gazoo Racing dengan tenaga maksimal 195 dk dan torsi 210 Nm.

Sementara opsi kedua menyuntik dengan mesin 2.500 cc berbasis A252-FKS yang juga dirancang oleh Gazoo Racing. Di mana tenaga maksimalnya adalah 227 dk dan torsi 252 Nm.

Jika harapan ini terwujud, maka all new Corolla DX akan jadi salah satu sedan terbuas di kelasnya. Jika masih ingat, di 1980, mobil ini hanya dibekali mesin 1.300 cc saja yang mana tenaga maksimalnya 62 dk dan torsi 97 Nm.

Kira-kira bagaimana pendapatmu soal terkaan tampilan dan mesin dari Corolla DX GR70 ini?

Dilansir dari : kumparan.com

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *