Seorang WN Arab Saudi penderita COVID-19 dievakuasi dengan pesawat medis dari Jakarta menuju Riyadh pada pekan kedua Juli 2021. Foto: Twitter/@modgovksa

Pemerintah Arab Saudi melarang warga negaranya pergi ke Indonesia baik langsung maupun tidak langsung. Warga negara (WN) Saudi yang berada di Indonesia juga diminta segera pulang.

Pemicunya adalah kondisi kesehatan di Indonesia akibat pandemi COVID-19 yang memburuk sejak awal Juni 2021. Peningkatan kasus membuat rumah sakit kewalahan dan terjadi krisis pasokan oksigen.

WN Saudi di Indonesia juga ada yang terinfeksi virus COVID-19. Menurut Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi, jumlahnya ada delapan kasus. Demikian dikutip dari Okaz, Kamis (22/7/2021).

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A Abid Althagafi di kantor Menkopolhukam.
Foto: Apriliandika Pratama/kumparan

Althagafi menjelaskan, delapan orang yang terinfeksi corona itu semuanya lelaki dari beragam usia. Mereka adalah pengunjung dan warga negara yang tinggal di Indonesia.

Dia membeberkan bahwa Indonesia mengalami lonjakan kasus akibat mutasi virus corona Delta. Sebanyak 85 persen kasus infeksi terjadi akibat varian Delta, dengan penambahan kasus mencapai 50 ribu per hari dan kematian 1.000 per hari.

Althagafi juga mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia berusaha menekan angka penularan dengan menerapkan langkah-langkah pembatasan di sejumlah daerah.

Arab Saudi Pernah Evakuasi Warganya dari RI

Seorang WN Arab Saudi penderita COVID-19 dievakuasi dengan pesawat medis dari Jakarta menuju Riyadh. Foto: Twitter/@modgovksa

Pada pekan kedua Juli 2021, Arab Saudi pernah mengevakuasi seorang warganya dari Jakarta yang mengidap COVID-19.

Pesawat yang menjemput merupakan pesawat medis udara milik Kementerian Pertahanan negara monarki absolut itu.

Seorang WN Arab Saudi penderita COVID-19 dievakuasi dengan pesawat medis dari Jakarta menuju Riyadh. Foto: Twitter/@modgovksa

Penerbangan evakuasi Riyadh-Jakarta dan Jakarta-Riyadh nonstop selama 18 jam tersebut merupakan penerbangan evakuasi terlama yang pernah mereka lakukan.

Evakuasi WN Saudi tersebut merupakan implementasi dari perintah Putra Mahkota Pangeran Mohammad bin Salman (Pangeran MbS) yang juga menjabat Menteri Pertahanan.

Dilansir dari : kumparan.com

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *