Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta sejumlah menteri dan Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau lokasi penyekatan mudik 2021 di Pelabuhan Bakauheni dan Merak, Minggu (9/5). Foto: Puspen TNI

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa purna bakti pada akhir 2021. Namun siapa calon yang bakal menggantikan Hadi Tjahjanto masih menjadi tanda tanya.

Enam bulan sebelum pergantian, belum ada nama-nama yang mencuat menggantikan posisi Hadi Tjahjanto. Hanya saja, beredar nama KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan KSAL Laksamana TNI Laksamana TNI Yudo Margono diprediksi akan menggantikan Hadi.

Menyikapi ini, anggota Komisi I DPR Muhammad Iqbal mengatakan, semua pimpinan dari tiga matra yakni TNI AD, TNI AU dan TNI AL layak menjadi Panglima TNI.

“Seperti kita ketahui bahwa masa jabatan Panglima TNI Hadi Tjahjanto nanti akan segera berakhir dan mengenai siapa yang akan menggantikannya, saya kira semua Kepala Staf TNI saat ini layak untuk menjadi Panglima TNI,” kata Iqbal, Jumat (11/6).

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PPP Muhammad Iqbal. Foto: Dok. PPP

Politikus PPP itu mengatakan, dari sisi jabatan dan pengalaman, dirinya meyakini para Kepala Staf TNI yang kini menjabat sudah teruji dan tidak perlu ragukan lagi.

“Memang jika dilihat dari kebiasaan berdasarkan giliran, saat ini urutannya untuk Angkatan Laut,” ucap dia.

Meski begitu, Iqbal menegaskan penunjukan Panglima TNI adalah kewenangan Presiden Jokowi. Siapa pun pilihan Jokowi, ia memastikan akan mendukungnya.

“Tetapi hal ini tentunya kita serahkan ke presiden sebagai pemegang hak prerogatif untuk memilih Panglima TNI,” kata Iqbal.

Lebih lanjut, Iqbal mengatakan, terpenting calon Panglima TNI selanjutnya harus mempunyai integritas dan visi dalam membangun TNI menjadi profesional, tangguh dan siap menjawab tantangan pertahanan yang semakin dinamis.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR Fadli Zon juga memberikan tanggapannya soal sosok tepat untuk menjadi Panglima TNI ke depan. Menurutnya, hal itu jatuh pada KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Menurut saya Pak Andika yang paling pas untuk menjadi Panglima TNI. Sebagai KSAD sudah teruji dan profesional,” kata Fadli.

Dilansir dari : kumparan.com

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *