Sejumlah pesepeda memacu kecepatan saat berlangsungnya uji coba pemberlakuan lintasan road bike di jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Minggu (23/5). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Uji coba jalur road bike di Jalan Sudirman-Thamrin tidak akan membuat jalan itu semuanya dikuasai oleh sepeda balap tersebut. Wagub DKI Riza Patria mengungkapkan nantinya akan ada jalur khusus yang disediakan untuk road bike.

“Ini nanti jalur itu diatur bukan berarti 100 persen dikuasai oleh road bike. Jadi bukan jalan itu 100 persen untuk road bike. Nanti akan diatur lintasannya,” kata Riza kepada wartawan, Senin (31/5).

Pengaturan jalan tersebut nantinya akan tertuang dalam Keputusan Gubernur. Saat ini aturannya sedang disusun.

“Penetapan lintasan road bike akan diatur melalui Keputusan Gubernur drafnya masih dibahas secara maraton oleh stakeholder. Ini baru hasil rapat tadi antara Dishub dengan Polda, ya. Kesepakatan sementara akan sekali lagi masih menunggu pengaturan melalui Keputusan Gubernur,” kata Riza.

Rencana Pemprov DKI untuk pesepeda di Jalan Sudirman-Thamrin tidak hanya terfokus pada road bike. Riza mengatakan Pemprov akan menambah satu jalur sepeda non road bike di sepanjang jalan tersebut.

Namun, kata Riza, jalur tambahan itu tidak permanen seperti yang sudah ada.

“Hari Sabtu-Minggu akan disiapkan jalur tambahan pop up Sudirman-Thamrin khusus bagi non road bike, ya. Jadi yang biasa pesepeda biasa non road bike itu disiapkan Sabtu-Minggu jalur tambahan,” kata Riza.

Dilansir dari : kumparan.com

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *